Mengenal kode dan simbol MCB 3 phase

MCB 3P

MCB 3 Phase, atau di sebut juga MCB 3 pole. Masih belum memahami mengenai MCB (Miniature Circuit Breaker), silahkan merujuk tulisan sebelumnya disini. Mereview kembali, MCB di tinjau dari jumlah kutub atau pole ada MCB 1 pole, 2 pole, 3 pole dan 4 pole. Tentu masing masing memiliki tujuan dan fungsinya tersendiri. 


Namun sebelumnya, apakah yang dimaksud dengan MCB 3 phase/pole itu ? MCB 3 phase, biasa di singkat menjadi MCB 3P adalah alat pemutus aliran listrik yang memiliki 3 kutub yang berbeda. Di dalam MCB ini terdapat beberapa kode dan simbol tertentu, pada MCB 1-4 pole sebenarnya sama. Apa saja kode dan simbol tersebut, kita akan uraikan secara singkat berikut ini.

Kode dan Simbol MCB 3P


Berikut uraian singkatnya :

1. Schneider Electric         

Merk atau Brand MCB

 

2. C60H

Kode C60H pada MCB adalah nomor model dari MCB merk 

Schneider Electric

 

3. Tripping Curve tipe C

Tripping Curve dari MCB, ada tipe B, tipe C dan tipe D. Untuk Tripping Curve Tipe C memiliki karakteristik trip 5 – 10 x In. Apa maksudnya, berikut uraian singkatnya :

 

Misalnya tertulis C6

Ini menunjukan Circuit breaker mempunyai arus nominal atau In sebesar 6 Ampere. Dan akan trip seketika dalam range 5-10 kali dari arus nominalnya. Ini berarti circuit breaker akan trip seketika jika dilalui arus 30-60 A. 

 

Namun, jika dilalui oleh arus yang lebih besar dari 6 A. Circuit breaker mempunyai batas delay untuk trip / kejepret. Nilai delay dari kurva C harus diliat dari TCC (Tripping Curve Characteristic) atau kurva karakteristik.

 

Kurva Karakteristik 

TCC MCB Tipe C - Gambar 1

 

Garis X merupakan Ampere, sedangkan garis Y adalah seconds.

Warna merah menunjukan waktu dimana circuit breaker akan trip, disaat 6 A circuit breaker akan trip pada saat 1000 second. Itu sebabnya terkadang di rumah ada trip tiba-tiba padahal tidak menyalakan apapun lagi. Pada kenyataanya, circuit breaker sudah memasuki delay untuk trip.

TCC MCB Tipe C - Gambar 2

Disaat 30 A, maka circuit breaker akan trip pada saat detik ke-3.

TCC MCB Tipe C - Gambar 2

Disaat 70 A lebih maka circuit breaker akan trip dalam waktu 0.01 detik.


4.  415V~

Merupakan tegangan kerja atau tegangan operasional yaitu nilai besaran yang digunakan. Sementara kode ~ adalah kode AC atau Arus bolak balik.

 

4.  Kelas Energy 3

Kelas Energy 3, atau Energy Class. Kelas energy adalah spesifikasi dari karakteristik yang menyatakan tenaga maksimumnya. ada kelas 1, kelas 2 dan kelas 3. Di ukur dengan satuan Joule, semakin tinggi kelasnya maka semakin baik menerima energi atau tegangan listrik. Kelas 3 terbaik karena memungkinkan energi yang melaluinya sebesar 1,5 Joule/detik.

 

5. 25671

Adalah nomor katalog dari MCB

 

6. 6

Arti kode C25 Merupakan rating arus dari MCB yaitu 6 Ampere, Jika arus yang lewat lebih dari 6 A maka MCB akan trip. Review Tripping Curve Characteristic (TCC), bisa lihat poin 3.


7. 10000

Breaking Capacity, atau kapasitas pemutusan adalah arus maksimum yang dapat diinterupsi dengan aman jika terjadi korsleting. Jika arus melebihi nilai ini, pemutus arus bisa rusak. peringkat kA dikenal sebagai kapasitas tahan hubung singkat atau kapasitas pemutusan akhir dari pemutus sirkuit. Dalam contoh ini adalah 10000 A atau 10kA, artinya bahwa MCB dapat dengan aman memutuskan sirkuit selama korsleting kecuali sampai arus hubung singkat tidak melebihi 10kA

 

8 Simbol Operasi MCB

Dari gambar simbol, kita lihat terdapat simbol MCB dengan 6 terminal, yaitu 3 terminal input (1,2,3) dan 3 terminal output (2,4,6). Simbol tersebut menandakan jenis MCB 3 pole (3 kabel phasa diproteksi), simbol tersebut juga disebut diagram garis MCB yang berfungsi sebagai proteksi short circuit dan overload


10 O-OFF

Menunjukkan kondisi/indikator MCB yang sedang OFF (memutuskan aliran listrik) sedangkan kondisi lainnya adalah 1 - ON, menunjukkan MCB sedang ON (menghubungkan aliran listrik).


Semoga Bermanfaat. 


       




0 komentar:

Posting Komentar

 
close