Mengenal Miniature Circuit Breaker (MCB) simbol dan bagian bagiannya

Miniature Circuit Breaker (MCB) adalah suatu rangkaian pengaman yang dilengkapi dengan komponen thermis (bimetal) untuk pengaman beban lebih dan juga dilengkapi relay elektromagnetik untuk pengaman hubung singkat. 

Atau dengan istilah mudahnya bisa di definisikan MCB adalah sebuah pemutus tenaga arus bolak balik yang bekerja pada frekuensi 50/60 Hz tegangan 230/400 V, arus nominal tidak lebih dari 125 A, dan kapasitas hubung singkat nominal tidak lebih dari 25 kA.
Gambar.1. Miniatur Circuit Breaker
Simbol MCB

MCB merupakan gabungan dari switch yang berupa sistem mekanik (untuk membuka dan menutup sirkit) dan trip unit breaker (berupa trip bimetal dan magnetik trip)

Bagian-bagian MCB :


Bagaimana Cara Kerja MCB..?

Kita lihat pada Gambar di atas, pada saat di hidupkan (ON), moving contact menyentuh fixed contact sehingga MCB ON (bekerja). Kemudian Arus mengalir pada bimetal (bimetap strip), arus ini dapat membuat bimetal tersebut menjadi panas, sehingga menyebabkan bimetal menjadi melengkung. Arus yang mengalir apabila melebihi batas rating Amperenya maka bimetal akan semakin melengkung hingga mampu menyentuh pemicu dan menarik komponen trip agar tidak kontak dengan terminal atas dan bersamaan dengan itu toggle/tuas operasi menjadi OFF.

Keuntungan menggunakan MCB..?

MCB banyak digunakan untuk pengaman sirkit satu fasa dan tiga fasa. Keuntungan menggunakan MCB, yaitu :
  1. Dapat memutuskan rangkaian tiga fasa walaupun terjadi hubung singkat pada salah satu fasanya.
  2. Dapat digunakan kembali setelah rangkaian diperbaiki akibat hubung singkat atau beban lebih.
  3. Mempunyai respon yang baik apabila terjadi hubung singkat atau beban lebih.
Pengaman pada MCB..?
Ada dua jenis pengaman pada MCB yaitu secara thermis dan elektromagnetis. Apa perbedaannya, berikut penjelasan lanjutan. Pengaman termis berfungsi untuk mengamankan arus beban lebih. Dan pengaman elektromagnetis memiliki fungsi mengamankan jika terjadi hubung singkat.

Pengaman thermis pada MCB memiliki prinsip yang sama dengan thermal overload yaitu menggunakan dua buah logam yang digabungkan (bimetal), pengamanan secara thermis memiliki kelambatan, ini bergantung pada besarnya arus yang harus diamankan, sedangkan pengaman elektromagnetik menggunakan sebuah kumparan yang dapat menarik sebuah angker dari besi lunak.

Untuk lebih jelas silahkan melihat kembali pada gambar bagian bagian MCB.

Kutub pada MCB
Sering di istilahkan MCB 1 Pole/1kutub, MCB 2 Pole, 2 Kutub, MCB 3 Pole.3 kutub sampai dengan MCB 4 Pole/4 kutub. Berbeda dengan MCCB, pole atau kutub di MCB penyatuan tuas dengan jumlah Pole yang diinginkan sifatnya tidak permanen, artinya bisa kita lepas sesuai kebutuhan. Namun dengan pengganbungan tuas ini bertujuan apabila terjadi gangguan pada salah satu kutub maka kutub yang lainnya juga akan ikut terputus. 

Gambar MCB 1 Pole sd MCB 4 Pole



Bersambung ke tulisan berikutnya..


0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Banner iklan disini