Menyediakan daerah proteksi untuk perlindungan Petir

Setelah mengetahui bahayanya petir, di artikel sebelumnya, klik link .. selanjutnya kita mulai menguraikan secara singkat solusi perlindungan bahaya sambaran petir satu per satu.






1. Menyediakan daerah proteksi ( sistem proteksi Eksternal )

Jika memperhatikan bahaya sambaran petir, maka sistem perlindungan petir harus mampu melindungi struktur bangunan atau fisik maupun melindungi peralatan dari sambaran langsung dengan yaitu dengan di pasangnya penangkal petir eksternal (External Protection).

Sistem proteksi Eksternal dilakukan dengan pemasangan penangkal petir, beberapa jenis metode penangkal petir, di uraikan singkat sebagai berikut:

 

a. Penangkal Petir Konvensional Faraday dan Franklin

 

Franklin Rod (Source: http://en.wikipedia.org)

Kedua ilmuwan ini, Michael Faraday dan Benjamin Franklin menjelaskan hal yang hampir sama, yaitu sistem penyalur arus listrik yang menghubungkan antara bagian atas bangunan dan grounding. Kita kenal istilah Faraday Cage atau sangkar Faraday dan Franklin Rod atau dikenal Model instalasi tunggal Franklin.

 

b. Penangkal Petir Radio Aktif 

Americium 241 (source: http://www.en.Wikipedia.org)

Perkembangan berikutnya dari yang konvensional, kemudian para ilmuwan menemukan sebab terjadinya petir, dan sepakat petir terjadi karena ada muatan listrik di awan berasal dari proses ionisasi, maka untuk menggagalkan proses tersebut maka dilakukan dengan dengan cara menggunakan zat seperti Radium 226 dab Ameresium 241 karena kedua bahan ini mampu menghamburkan ion radiasinya yang dapat menetralkan muatan listrik awan. Namun penangkal petir jenis ini telah dilarang pemakaiannya, berdasarkan kesepakatan internasional.


 c. Penangkal Petir Elektrostatis


 

Prinsip kerja penangkal petir jenis ini meniru sistem kerja seperti penangkal petir radio aktif, yaitu menambah muatan pada ujung finial/splitzer agar petir selalu memilih ujung ini untuk di sambar. Perbedaannya adalah jumlahadalah jumlah energi yang dipakai. Penangkal petir radio aktif muatan listrik dihasilkan dari proses hamburan zat yang berradiasi sedangkan pada penangkal petir elektrostatis energi listrik yang dihasilkan dari listrik awan yang menginduksi permukaan bumi.


Bersambung ke solusi petir selanjutnya .. 

0 komentar:

Post a Comment