Mengenal APAR jenis Karbon Dioksida (CO2)

APAR jenis CO2

 Berikutnya adalah APAR jenis CO2 atau Carbon Dioksida. 


Definisinya APAR jenis ini, yaitu APAR yang memisahkan/mengambil elemen Oksigen dari elemen penyusun segitiga api, serta berfungsi juga untuk mendinginkan panas yang timbul dengan semburan CO2 yang bersifat dingin. Di uraikan secara singkat dalam pemaparan fire triangle maupun fire tetrahedron di pengenalan APAR jenis Powder.

Mengenali APAR CO2
APAR jenis Alat pemadam karbon dioksida diisi dengan gas karbon dioksida yang tidak mudah terbakar di bawah tekanan ekstrim. APAR jenis ini dapat dikenali dari horn (corong yang keras) dan tidak terdapatnya pressure gauge (pengukur tekanan).  Tekanan dalam tabung sangat bagus sehingga saat digunakan, akan terdapat sedikit serpihan es kering dapat menyembur keluar corong/horn.

Tabung APAR jenis CO2 berwarna merah dan berukuran sekitar 5 lbs hingga 100 lbs atau lebih besar. Dalam ukuran tabung yang lebih besar, corong atau horn  di tempatkan di ujung selang yang panjang dan juga fleksibel.

APAR jenis karbon dioksida (CO2) di gunakan untuk jenis kelas B dan kelas C (cairan dan listrik yang mudah terbakar). Namun jenis CO2 tidak efektif untuk memadamkan kebakaran kelas A. Mengapa demikian? karena CO2 tidak dapat memindahkan/mengambil elemen oksigen untuk memadamkan api. Kelas A merupakan bahan bakar bisa membara dan menyala kembali. 

Semoga bermanfaat ..

0 komentar:

Post a Comment