Wireline Logging ..?

Apa itu wireline logging? Untuk menguraikan secara singkat saya coba memakai bahasa yang sederhana dan mengambil contoh yang banyak diketahui orang pada kehidupan sehari-hari.




Pada saat melakukan pengeboran, baik untuk keperluan sumur air, maupun minyak bumi, pengebor selalu mencatat formasi atau struktur tanah/batuan/geologi yang ditembus oleh lubang bor. Kegiatan ini biasa disebut well logging atau borehole logging.

Pada industri Migas, catatan wireline untuk mendapatkan informasi dari formasi batuan. Wireline logging mengacu pada praktek dalam industri minyak dan gas menurunkan perangkat logging terpasang pada wireline ke dalam lubang bor atau sumur minyak untuk mengukur sifat-sifat batuan dan komposisi dari cairan. Pengukuran yang diperoleh kemudian diinterpretasikan dan digunakan untuk menentukan kedalaman dan zona dimana minyak dan gas dapat diharapkan dapat ditemukan. Sehingga Wireline logging didefinisikan sebagai "Akuisisi dan analisis data geofisika yang dilakukan sebagai fungsi dari kedalaman sumur bor, bersama-sama dengan penyediaan layanan terkait."

Sejarah Wireline Logging

Wireline logging memiliki sejarah yang kembali lebih dari 90 tahun yang lalu yaitu pada tanggal 5 September 1927, ketika dua bersaudara, Conrad dan Marcel Schlumberger, menyatakan apa yang dianggap sebagai wireline log pertama di Pechelbronn sebuah Perusahaan Minyak di Perancis. Saat itu Henri George Doll (Saudara ipar Conrad) dan beberapa field Engineer menurunkan sonde listrik atau alat ke sumur Diefenbach # 2905, Rig 7. Dalam istilah modern, log pertama adalah log resistivitas yang dapat digambarkan sebagai log lateral terbalik 3,5 meter

Eksperimental mereka sukses dan rekan-rekan mereka menyebut teknik baru mereka survei listrik. Beberapa tahun kemudian di awal 1930-an di Amerika Serikat istilah "well log" telah digunakan. Disebut juga Wireline logging karena alat logging diturunkan melalui sumur minyak atau lubang pada ujung kabel.

Tipe dasar alat Wireline Logging

Alat Wireline logging biasanya berbentuk silinder. Mulai dari diameter sempit sekitar satu setengah inci sampai sekitar lima inci. Ada tiga tipe dasar alat wireline logging, yaitu :

Tipe pertama mengukur potensi spontan. Ini adalah perbedaan tegangan antara elektroda di alat penebangan Wireline ketika ia di dalam sumur minyak atau sumur, dan lain elektroda yang terletak di permukaan. Tipe ini biasanya juga memiliki instrumen tambahan untuk mengukur radiasi alam yang berasal dari isotop alami. Dengan cara ini dapat mengukur suhu dan tekanan.

Tipe kedua alat 
wireline logging memiliki sumber eksitasi atau stimulasi serta sensor. Sistem penginderaan yang digunakan dalam tipe ini bisa resonansi magnetik, induktif, listrik, akustik, atau metode lainnya.

Tipe ketiga dari alat yang digunakan adalah salah satu yang dapat melakukan beberapa jenis manuver mekanis. Jenis alat penebangan wireline dapat mengambil sampel batuan di berbagai kedalaman untuk memungkinkan para ilmuwan untuk meneliti secara fisik pembentukan yang sebenarnya. Hal ini juga dapat mengambil sampel minyak pada kedalaman yang ditentukan dan membawa mereka kembali ke permukaan untuk diperiksa.

Ada juga perbedaan dalam jenis alat log listrik yang digunakan.Mereka dapat dikategorikan dengan apakah mereka digunakan sebelum sumur minyak ada sindrom, dan karena itu open hole log, atau setelah telah cased, dan karena itu casing lubang log.

Log listrik ditetapkan lebih lanjut oleh sifat fisik tindakan alat.Ketika resistensi spesifik dari batuan dan cairan yang diukur itu adalah log resistivitas. Ketika volume tertentu batu memiliki persentase volume pori diukur, itu adalah log porositas alat yang digunakan. 
Porositas log teknologi digunakan berdasarkan gelombang suara atau reaksi nuklir.

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Banner iklan disini