Perlindungan terhadap Bahaya Sambaran Petir

Pada saat hujan sering kita saksikan adanya petir. Apakah petir sebenarnya? Jika kita merujuk ke Wikipedia, Petir, kilat, atau halilintar adalah gejala alam yang biasanya muncul pada musim hujan saat langit memunculkan kilatan cahaya sesaat yang menyilaukan. Beberapa saat kemudian disusul dengan suara menggelegar yang disebut guruh. Perbedaan waktu kemunculan ini disebabkan adanya perbedaan antara kecepatan suara dan kecepatan cahaya.

Petir merupakan gejala alam yang bisa dianalogikan dengan sebuah kondensator raksasa, saat lempeng pertama berupa awan (bisa lempeng negatif atau lempeng positif) dan lempeng keduanya adalah bumi (dianggap netral). Seperti yang sudah diketahui kapasitor adalah sebuah komponen pasif pada rangkaian listrik yang bisa menyimpan energi sesaat (energy storage). Petir juga dapat terjadi dari awan ke awan (intercloud) yang salah satu awan bermuatan negatif dan awan lainnya bermuatan positif.

Karena begitu dahsyatnya petir, dan seringkali efeknya sangat berpengaruh, maka perlu dilakukan proteksi atau perlindungan terhadap bahayanya. Tujuan utama dari sistem proteksi petir adalah memberikan perlindungan terhadap manusia, asset dan peralatan lainnya terhadap kerusakan yang disebabkan oleh petir baik sambaran langsung maupun tidak langsung.

Apa itu bahaya sambaran langsung ataupun tidak langsung. Berikut definisi mudah untuk mengklasifikasikan bahaya petir :


Bahaya Petir sambaran langsung

Adalah bahaya sambaran petir langsung ke objek, atau di definisikan sambaran petir langsung menyambar bagian jaringan instalasi listrik maupun alat listrik yang ada di bumi, misalnya langsung mengenai kabel jaringan, tiang, trafo, rumah dll.

Dampak sambaran langsung sangat besar bisa terjadi ledakan, kerusakan bahkan kebakaran terhadap objek yang menjadi sasaran sambaran petir langsung. Kenapa hal ini terjadi? Karena misalnya mengenai jaringan instalasi listrik, maka sambaran listrik ini memberikan tegangan yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan hantar arusnya. Sehingga bisa menyebabkan kerusakan yang fatal bagi jaringan tersebut.


Bahaya Petir sambaran tidak langsung

Sambaran petir yang mengarah ke bumi, namun secara tidak langsung mengenai bagian bagian dari jaringan instalasi listrik yang ada di bumi.

Dan induksi listrik dihasilkan dari energi yang dimiliki petir diterima oleh kabel atau instalasi listrik atau peralatan listrik yang ada di bumi.

Ini juga bisa menyebabkan kerusakan, meskipun kerusakannya tidak separah akibat sambaran listrik langsung.

Kenapa hal ini bisa terjadi? karena induksi dari sambaran petir meningkatkan tegangan yang masuk kedalam jaringan, sehingga melebihi batas toleransinya.


Bagaimana solusi pengamanan dari bahaya sambaran petir?

Secara umum dan akan saya uraikan secara mendetail per bagiannya pada tulisan berikutnya, ada 4 solusi yang bisa dilakukan, yaitu :


  1. Menyediakan daerah proteksi ( sistem proteksi external )
  2. Menyediakan sistem grounding yang terintegrasi dengan baik
  3. Memberikan perlindungan pada jaringan listrik (power line )
  4. Memberikan perlindungan pada jaringan kabel data/komunikasi
Bersambung ...

0 komentar:

Post a Comment