Update Ebook Terbaru : Buku 1 PLN : Kriteria Disain Enjineering Konstruksi Jaringan Distribusi Tenaga Listrik ||Buku 2 PLN : Standar Konstruksi Sambungan Tenaga Listrik || Buku 3 PLN : Standar Konstruksi Jaringan Tegangan Rendah Tenaga Listrik || Buku 4 PLN : Standar Konstruksi Gardu Distribusi dan Gardu Hubung Tenaga Listrik || Buku 5 PLN : Standar Konstruksi Jaringan Tegangan Menengah Tenaga Listrik || Persyaratan Umum Instalasi Listrik 2000 (PUIL 2000) Buka Menu Ebook Download Page-2

Mengenal Transduser dalam kehidupan sehari-hari

Tahukah kita, bahwa dalam berbagai kegiatan manusia dikelilingi oleh berbagai jenis transduser. Untuk mereview kembali apa itu transduser dan sensor, silahkan cek tulisan sebelumnya.

Dan ternyata tanpa kita sadari atau tidak, transduser tersebut sudah membantu manusia untuk melakukan kegiatan sehari-hari seperti bekerja, belajar, memasak dan segala macam aktivitas. 

Apa saja transduser transduser yang dimaksud, yaitu sebagai berikut:


1. Antena 

Antena (Source: http://pixnio.com)

Hampir tiap rumah, bahkan alat komunikasi HP atau smartphone ada antenanya. Apa itu Antena..? Antena adalah transduser paling dasar dan dapat dibuat dari sepotong kawat sederhana. Prinsip kerjanya adalah dengan mengubah energi elektromagnetik menjadi listrik pada saat menerima sinyal, dan akan melakukan sebaliknya saat antena mengirim atau mentransmisikan sinyal.


2. Strain gauges 

Strain Gauge (Source: http://en.wikipedia.org)

Apa itu strain gauge..? Komponen elektronika ini memiliki kawat tipis panjang yang menempel pada penahan foil yang direkatkan pada suatu objek. Dan digunakan untuk mengukur tekanan (deformasi atau strain) pada alat ini. 

Bagaimana kerjanya? 

Yaitu ketika objek berubah bentuk, pengukur regangan juga berubah bentuk dan ketahanannya berubah. Jumlah tegangan atau regangan pada objek dihitung dari perubahan resistansi ini.


Alat ini ditemukan pertama kali oleh Edward E. Simmons pada tahun 1938


3.Accelerometer 


Accelerometer tipe kapasitif
souce http://wikipedia.org

Apa itu accelerometer..? dalam transliterasi bahasa Indonesia, Akselerometer adalah alat atau perangkat yang berfungsi untuk mengukur akselerasi tepat. Bagaimana kerjanya .? Alat ini yang mengubah perubahan posisi massa menjadi sinyal listrik. Accelerometer mengukur kekuatan akselerasi dan deselerasi. Akselerometer digunakan dalam air bag mobil, kontrol stabilitas, hard drive, dan banyak gadget elektronik.


Ulasan detail masing masing akan di ulas di tulisan tulisan berikutnya.


Semoga Bermanfaat..

0 komentar:

Posting Komentar

 
close