Perlindungan pada jaringan kabel data/komunikasi dari bahaya Petir

Data Center (source: http://pixabay.com)
 Saat ini jaringan data/komunikasi menjadi perlengkapan kantor/gedung yang umum bahkan sepertinya sudah menjadi kebutuhan pokok. Setelah memberikan solusi perlindungan yang sudah dibahas dalam artikel sebelumnya, berikutnya adalah kita berikan perlindungan pada jaringan kabel data/telekomunikasi.


Bagaimana caranya..? Yuk ikuti uraian singkat berikut ini.


Ada beberapa peralatan yang di desain dan di gunakan untuk memberikan perlindungan dari bahaya petir, yaitu :


1. Perlindungan pada jaringan kabel Koaksial (Coaxcial Cable)

Kabel koaksial merupakan kabel jaringan yang dibungkus dengan metal yang lembek. Kabel koaksial digunakan sebagai saluran transmisi untuk sinyal frekuensi radio atau TV. Di jaringan komputer kabel koaksial berfungsi untuk menghubungkan perangkat-perangkat didalam jaringan komputer, misalnya untuk menghubungkan komputer satu dengan komputer lainnya.

Lalu bagaimana cara memberikan perlindungan dari bahaya petir?

Ada beberapa komponen yang bisa melindungi, seperti :

- RF/High Speed Coaxial Surge protector 

Penangkal petir RF koaksial dirancang untuk dipasang di antara antena luar ruang dan peralatan radio sensitif untuk melindungi peralatan, struktur, dan personel dari pulsa listrik berenergi tinggi yang dibawa melalui kabel coax baik dari sambaran petir langsung atau diinduksi oleh sambaran di dekatnya. Berikut contoh peralatan yang bisa digunakan :


RF Coaxial Surge Protector
 (source : http://www.dxengineering.com)

Banyak produk-produk sejenis, dari berbagai brand.

- CCTV Circuit Protector 

Merupakan pelindung terjadinya Surge pada koaksial untuk perlindungan sirkuit CCTV 75 ohm dengan rating impuls tinggi dan spark Voltage 90 V. Berikut contohnya:

LPI CCTV Circuit Protector
(source : http://lpi.co.au)

2. Telecom and Data Line Protector


Perlindungan jalur telekomunikasi dan data dari bahaya petir. Line telekomunikasi maupun data banyak peralatan yang digunakan, dan cenderung peralatan ini sangat sensitif terhadap lonjakan tegangan atau induksi yang terjadi, yang bisa menyebabkan abnormalnya peralatan bahkan bisa menjadi rusak. Berikut ada beberapa proteksi yang bisa di pasang untuk meminimalkan kerusakan akibat lonjakan (surge) tegangan, yaitu :

- Data Line Surge Protector 

Data line perlu di uraikan apa yang akan diproteksi, karena sangat luas pembahasannya. Tegangan kerja, jenis koneksi, jenis pin, dan lainnya perlu didefinisikan terlebih dulu, sehingga penyediaan proteksinya tepat.

Berikut beberapa contoh :

  • untuk proteksi dataline dengan koneksi DB9, maka menggunakan : (misalnya)

ATDB9 Individual Protector for Datalines Type DB9
(Source : http://https://thyan.vn)



  • untuk proteksi dataline dengan tegangan kerja 5-30 VDC, maka menggunakan : 
        (misalnya)

ATLINE Series data lines protection 5-30Vdc
(Source : http:// thyan.vn )

- Telecom Surge Protector 

Peralatan telekomunikasi dan transmisi data seperti modem, terminal data, PBX, rentan terhadap surge (lonjakan) tegangan akibat petir.Apalagi jika peralatan ini berbagi koneksi grounding dengan yang lain, akibatnya akan semakin kompleks dan sensitif. Sehingga meningkatkan resiko terganggu/terkena efek surge (lonjakan) tegangan yang bisa merusak peralatan tersebut.

Contoh :

Citel MJ8-170V (Source: https://thyan.vn)

Proteksi Surge (lonjakan) Citel MJ8-170V, fungsinya sebagai berikut :

    • Perlindungan untuk satu saluran telepon
    • Untuk jalur PSTN, ISDN, ADSL
    • Instalasi cepat
    • Konektor RJ45
    • Kepatuhan IEC 61643-21
    • UL497A
- LAN Network Surge Protector

Sama seperti halnya dataline dan proteksi peralatan telekomunikasi, Proteksi LAN Network bisa di artikan melindungi jaringan prosessing data. Untuk skala industri atau bangunan perkantoran atau gedung yang memiliki banyak komputer, maka produktivitasnya bisa saling bergantung, jadi apabila LAN network bermasalah maka mengganggu seluruh sistemnya.

Contohnya :
PL24-CAT6 Protector for 12/24 port Switch 10Gb
(source : https://thyan.vn )

  Demikian pemaparan uraian singkat Memberikan perlindungan pada jaringan kabel data/komunikasi dari bahaya petir melengkapi solusi perlindungan dari bahaya petir di artikel sebelumnya.

Semoga bermanfaat ..

0 komentar:

Post a Comment