Mengenal APAR jenis Foam atau Busa

 Merupakan jenis APAR yang memisahkan/mengambil elemen Oxygen dari elemen penyusun segitiga api, dengan cara menyelimuti area yang disemprotkan untuk menghindari api yang dapat menyala kembali.

Bagaimana cara kerjanya? 

Berikut secara singkat , APAR jenis ini menggunakan media berbahan kimia berbentuk busa atau foam yang stabil. Pada saat aktif maka karbon dioksida akan mendorong media ini sehingga keluar dari tabung APAR. Apa yang terjadi selanjutnya? Maka Foam atau busa yang keluar akan menyelimuti titik api, sehingga api akan padam karena oksigen tidak dapat masuk dan bereaksi dengan unsur-unsur lain pembentuk api.

Dimana APAR Foam ini digunakan? 

APAR jenis ini dapat digunakan pada area yang tidak dapat dipadamkan dengan air. Misalnya kebakaran di area yang terdapat minyak, seperti diketahui kedua zat tersebut tidak bisa bersatu.

Jenis-jenis APAR Foam :

1. Jenis AFFF (Aqueous Film Forming Foam)


1970s APAR Foam AFFF (Source :https://en.wikipedia.org)
 

Jenis AFFF dikembangkan pada 1960-an di bawah Project Light Water dalam usaha patungan antara 3M dan Angkatan Laut AS. Isi atau media dari APAR Foam AFFF terbuat dari campuran antara air dan surfaktan berbasis hidrokarbon seperti sulfat sodium alkyl, fluoro surfactant seperti: fluorotelomers, asam perfluorooctanoic (PFOA), asam perfluorooctanesulfonic (PFOS)


2. Jenis AR-AFFF (Alcohol-resistant aqueous film-forming foams)

APAR AR-AFFF (Source : http://www.nationalfire.com)

Jenis ini merupakan jenis seperti AFFF namun di tambahkan atau di campurkan bahan Alcohol resistant, sehingga di sebut AR-AFFF. Tipe ini digunakan untuk memadamkan api yang mengandung bahan alkohol. Tambahan zat kimia ini Membentuk selaput antara bahan bakar dan busa yang mencegah alkohol mengurai selimut busa. Sehingga api bisa dipadamkan.


3. Jenis FFFP (Film-forming fluoroprotein)

Amerex 252, 2.5 Gallon FFFP (source:https://www.amazon.com

Jenis ini adalah yang ECO Friendly - ramah lingkungan, 100% bebas fluor, namun mengandung protein alami dari produk sampingan hewani dan bahan pembentuk film sintetis untuk membuat selimut busa yang lebih tahan panas daripada busa AFFF yang benar-benar sintetis. 

4. Jenis AR-FFFP (Alcohol-resistant Film-forming fluoroprotein)

AR-FFFP APAR (Source : https://www.potterroemer.com)

Sama seperti jenis no.3 namun ditambahkan bahan Alcohol resistant. Dan juga berfungsi untuk memadamkan api yang mengandung alkohol, namun lebih ramah lingkungan.

Tips Menggunakan APAR Foam

Selain harus mengikuti SOP APAR ada beberapa hal lagi yang perlu diperhatikan, yaitu :

1. Semprotkan tepat di atas sumber api. Lalu, sapukan media dari kiri ke kanan. 

2. Tidak terlalu dekat dengan sumber kebakaran.

3. Jangan menyemprotkan media ke arah cairan yang terbakar. 

Kenapa? karena bisa menyebabkan cairan akan terdorong dan titik-titik api akan menyebar dan meluas. 

Semoga Bermanfaat ..

 

0 komentar:

Post a Comment