Sensor Cahaya LDR

LDR dan Simbolnya

Sensor cahaya LDR, Light Dependent Resistor. Bisa jadi LDR lebih familiar dibandingkan dengan model lainnya. Di rumah rumah, sekolah, bahkan untuk pengontrol lampu jalan, biasanya menggunakan LDR. Namun apa sebenarnya Sensor Cahaya model LDR ini..? Yuk ikuti tulisan berikut.

LDR (Light Dependent Resistor) adalah suatu komponen elektronik yang resistansinya berubah ubah tergantung pada intensitas cahaya. Jika intensitas cahaya semakin besar maka resistansi LDR semakin kecil, jika intensitas cahaya semakin kecil maka resistansi LDR semakin besar. LDR disebut juga sel fotokonduktip. Simbol dan bentuk fisiknya ada di Gambar di atas.


Bahan LDR

LDR memanfaatkan bahan semikonduktor yang karakteristik listriknya berubah-ubah. Bahan yang digunakan yaitu :

  • Kadmium Sulfida (CdS) 
  • Kadmium Selenida (CdSe)

  • Cara Merangkai LDR

    Cara merangkai LDR ada 2, tergantung dengan respon yang diinginkan.

    Cara pertama : saat intensitas cahaya disekitar LDR membesar, maka hambatan LDR akan mengecil. Hal ini menyebabkan tegangan pada Titik A semakin besar. Dan sebaliknya, jika intensitas cahaya disekitar LDR semakin kecil, maka hambatan LDR semakin besar. Hal ini menyebabkan tegangan pada Titik A semakin kecil.

    Ilustrasi Cara pertama


    Cara kedua : pada saat intensitas cahaya disekitar LDR mengecil, maka hambatan LDR akan membesar. Hal ini menyebabkan tegangan pada Titik B semakin membesar. Dan sebaliknya, jika intensitas cahaya disekitar LDR semakin besar, maka hambatan pada LDR semakin kecil. Hal ini menyebabkan tegangan pada Titik B semakin mengecil.

    Ilustrasi Cara kedua

    Aplikasi LDR

    LDR biasanya digunakan untuk :
    • Lampu Jalan, teras rumah, lampu taman. 
    • Pada aplikasi solar cell, bisa digunakan untuk kontrol arah solar cell
    • Pada robotika, digunakan untuk line follower
    • dan lain lain

    Semoga Bermanfaat ..

     

    0 komentar:

    Posting Komentar

     
    close