Update Ebook Terbaru : Buku 1 PLN : Kriteria Disain Enjineering Konstruksi Jaringan Distribusi Tenaga Listrik ||Buku 2 PLN : Standar Konstruksi Sambungan Tenaga Listrik || Buku 3 PLN : Standar Konstruksi Jaringan Tegangan Rendah Tenaga Listrik || Buku 4 PLN : Standar Konstruksi Gardu Distribusi dan Gardu Hubung Tenaga Listrik || Buku 5 PLN : Standar Konstruksi Jaringan Tegangan Menengah Tenaga Listrik || Persyaratan Umum Instalasi Listrik 2000 (PUIL 2000) Buka Menu Ebook Download Page-2

Apa itu kabel BC atau kabel grounding

Pemasangan Grounding

Apa itu kabel BC atau kabel grounding.? BC atau Bare Core, kenapa dinamakan demikian? Karena kabel BC tidak memiliki isolator pembungkus kabel, jadi jenis ini hanya terdiri dari inti kabel saja. Ada 2 jenis yaitu berbahan tembaga dan Alumunium. Yang tembaga di sebur Bare Copper Conductor (BCC), dan jenis Alumunium di namakan AAC (All Alumunium Conductor). Kabel BCC dan AAC lebih di kenal sebagai kabel udara. Sementara untuk kabel BC lebih familiar untuk jenis kabel grounding atau penangkal petir. Dalam instalasi penangkal petir Kabel BC jenis ini biasanya dipakai pada penghantar penurunan (down conductor).


Konstruksi kabel BC



Konstruksi Kabel BC


Terlihat dari konstruksi di atas,kabel tidak memiliki isolator pembungkus kabel, hanya ada inti tembaga dengan tipe round. (Round Stranded Copper), dan memiliki beberapa layer.

Untuk aplikasinya terutama penangkal petir maupun grounding, berapa besar kabel yang digunakan ? Menurut IEC 60364-5-54 berikut rumusan pemilihan besarnya kabel BC/grounding yang akan digunakan :

Tabel Pemilihan ukuran kabel BC/Grounding
Note :
c.s.a : cross section area
Sph  : cross section of conductor 
   
1) Ini valid jika konduktor line dan PE sama materialnya. Jika tidak perlu ada faktor koreksi.
2) Jika konduktor PE terpisah dengan konduktor phasa, maka ukuran kabel minimum yang bisa di terapkan yaitu: 
    • Ukuran 2.5 mm2 jika yang di proteksi mekanikal
    • Ukuran 4 mm2 jika yang di proteksi bukan mekanikal

3) Disebabkan alasan mekanikal, konduktor PEN, harus memiliki ukuran minimal 10 mm2 untuk tembaga sementara bahan alumunium minimal 16 mm2.

4) Merujuk kembali kepada table A.54 of IEC60364-4-54 atau table G63 untuk mengetahui k faktor.

 

Apa itu Adiabatic Method? Metode ini dijelaskan dalam IEC 60724, lebih ekonomis dan memastikan perlindungan konduktor terhadap panas berlebih, mengarah ke c.s.a. kecil dibandingkan dengan yang sesuai konduktor fase sirkuit. Hasilnya terkadang tidak sesuai dengan kebutuhan dalam skema IT dan TN untuk meminimalkan impedansi dari rangkaian loop gangguan bumi, untuk memastikan operasi positif oleh perangkat tersandung arus lebih seketika. Ini metode ini digunakan dalam praktek, oleh karena itu, untuk instalasi TT, dan untuk dimensi dan konduktor pembumian.

 

Apa itu Simplified Method? Metode ini didasarkan pada ukuran konduktor PE yang terkait dengan itu konduktor fase rangkaian yang sesuai, dengan asumsi bahwa konduktor yang sama bahan yang digunakan di setiap kotak. 

 

Dan untuk pemasangan grounding pada transformator, bagaimana pedoman pemasangan dan pemilihan ukuran kabel BC/grounding ini? Berikut tabelnya:

Tabel pemilihan ukuran Kabel BC untuk Grounding pada Trafo


Semoga Bermanfaat ..


0 komentar:

Posting Komentar

 
close