Mengenal kabel tanah thermoplastik berperisai

Kabel Tanah Berperisai

Setelah mengenal kabel tanah thermoplastik tanpa perisai, pada tulisan sebelumnya. Berikutnya adalah kabel tanah thermoplastik dengan perisai atau berperisai.

Jenis Kabel yang paling banyak digunakan alalah NYFGbY dan NYRGbY. Kabel tanah thermoplastik berperisai dirancang khusus untuk instalasi tetap dalam tanah yang ditanam langsung tanpa memerlukan perlindungan tambahan.

Perisai atau armor berfungsi untuk melindungi bahan isolasi dari kerusakan mekanis. Karena sifat mekanis pada bahan isolasi kurang sempurna. Jenis jenis perisai atau armor :

  • Perisai pita baja 
  • Perisai kawat baja pipih/bulat yang digalvanis
  • Perisai alumunium 

Kabel tanah  terdiri  dari  beberapa  macam  jenis  menurut  Perisai/kulit pelindungnya ( armor ), model konstruksi maupun juga pemasangnnya, maka untuk mempermudah ada beberapa kode yang tertulis di bodi luar kabelnya. Berikut beberapa kode kabel yang biasa di temui:


Contohnya : 

1. NAYFGbY O 3x120 sm 0,6/1 kV

kabel berisolasi dan berselubung PVC berurat tiga dengan penampang 120 mm2 dari aluminium dipilin bentuk sector untuk tegangan nominal 0,6/1 kV dengan system pengenal warna urat tanpa hijau kuning dengan perisai kawat baja pipih dengan spiral pita baja.

2. NA2XS2Y 1x240 cm/25 12/20 (24) Kv

kabel berinti tungal berisnlasi XLPE  dan  berselubung  PE  bertegangan 12/20 (24) kV, berpenghantar aluminium dengan penampang nominal  240  mm2, berlapis pita tembaga dengan luas penampang nominal geometris 25 mm


Semoga Bermanfaat 

 

0 komentar:

Posting Komentar

 
close