Update Ebook Terbaru : Buku 1 PLN : Kriteria Disain Enjineering Konstruksi Jaringan Distribusi Tenaga Listrik ||Buku 2 PLN : Standar Konstruksi Sambungan Tenaga Listrik || Buku 3 PLN : Standar Konstruksi Jaringan Tegangan Rendah Tenaga Listrik || Buku 4 PLN : Standar Konstruksi Gardu Distribusi dan Gardu Hubung Tenaga Listrik || Buku 5 PLN : Standar Konstruksi Jaringan Tegangan Menengah Tenaga Listrik || Persyaratan Umum Instalasi Listrik 2000 (PUIL 2000) Buka Menu Ebook Download Page-2
Print Friendly and PDF

Mengenal jenis kabel NYFGbY


Kabel NYFGbY

Berikutnya masih mengenai kabel tanah, kali ini kita coba ulas mengenai jenis kabel NYFGBY. Seperti biasa coba di urai dengan kembali merujuk pada Nomenklatur kabel, yaitu :

N : Kabel dengan konduktor Cu atau tembaga

Y : Selubung Isolasi dari PVC

F : Perisai kawat baja pipih

Gb : Spiral dari pita baja

Y : Selubung luar dari PVC

Jadi kabel jenis NYFGbY adalah Kabel tembaga dengan selubung isolasi PVC dengan perisai kawat baja pipih dan tambahan spiral pita baja berlapis seng dan memiliki selubung luar PVC. Untuk melindungi perisainya dari korosi, kabelnya diberi selubung luar PVC berwarna hitam.

Kabel jenis ini adalah kabel tanah berperisai dan dirancang khusus untuk instalasi tetap dalam tanah yang ditanam langsung tanpa memerlukan perlindungan tambahan (kecuali harus menyeberang jalan). Kedalaman pemasangan dibawah tanah dalam kondisi normal adalah 0,8 m.

Perisai dari kawat baja juga berfungsi sebagai pelindung elektrostatis, sehingga mengurangi gangguan frekuensi nada.

Umumnya ukuran kabel 3x16 mm2 atau 4x10 mm2 digunakan kawat baja bulat sebagai perisai.

Untuk ukuran besar mulai 50 mm2 keatas digunakan bentuk sector.

Kode kode pengenal pada jenis kabel ini, yaitu :

Kode kabel NYFGbY


Misalnya kita dapatkan kode kabel NYFGbY -O 4x6 re 0,6/1 kV,

maka ini artinya :

Kabel tanah berisolasi dan berselubung PVC berurat empat dengan penampang 6 mm2 dari tembaga padat bulat untuk tegangan 0,6/1 kV dengan system pengenal warna hijau kuning berperisai kawat baja bulat dengan spiral dari pita baja.


Untuk KHA (Kemampuan Hantar Arus) kabel NYFGbY :

KHA terus menerus untuk kabel tanah berinti tunggal, berpenghantar tembaga, berisolasi dan berselubung PVC, dipasang pada sistem a.s. dengan tegangan kerja maksimum 1,8 kV; serta untuk kabel tanah berinti dua, tiga dan empat berpenghantar tembaga, berisolasi dan berselubung PVC yang dipasang pada sistem a.b. fase tiga dengan tegangan pengenal 0,6/1 kV (1,2 kV), pada suhu keliling 30 °C.


Semoga Bermanfaat ..

0 komentar:

Posting Komentar

 
close