Mengenal Kabel tanah thermoplastik tanpa perisai

Kabel NYY
Kabel tanah.? Apakah semua jenis kabel boleh di tanam dalam tanah? Untuk menjawab ini, bisa merujuk tulisan sebelumnya mengenai jenis kabel atau penghantar listrik, klik disini

Jika merujuk pada PUIL 2000, maka definisi kabel tanah adalah jenis kabel yang dibuat khusus untuk dipasang di permukaan atau dalam tanah, atau dalam air.(underground cable) IEV 601-03-05. Jadi kesimpulannya tidak semua kabel bisa di tanam dalam tanah.






Ada 2 jenis kabel tanah secara umum, yaitu :

1. Kabel tanah thermoplastik tanpa perisai, contohnya : NYY, NAYY

2. Kabel tanah thermoplastik berperisai, contohnya : NYRGbY, NYFGbY

Untuk kali ini, kita coba uraikan jenis yang pertama, yaitu Kabel tanah thermoplastik tanpa perisai. Jika kita melihat gambar kabel NYY di atas, maka konstruksi kabel NYY, hampir sama dengan jenis kabel NYM. Namun bedanya pada tebal isolasi dan selubung luarnya. Kabel NYY selubung luarnya berwarna hitam. Bisa merujuk tulisan mengenai kabel NYY, klik disini.

Untuk kabel tegangan rendah, tegangan nominal kabel jenis ini adalah 0,6/1 kV, ini biasanya tertulis di bodi kabel. Apa artinya ?

0,6 KV    : Tegangan terhadap tanah

1 kV       : Tegangan nominal antar penghantar

Kabel NAYY

Selain jenis NYY, ada juga jenis NAYY. Untuk memahami arti kode ini, kita kembali merujuk tulisan mengenai Nomenklatur Kabel :

NA : Tipe konduktor Kabel berbahan Alumunium

Y    : Isolasi PVC

Y    : Selubung luar isolasi PVC

Kembali merujuk pada PUIL 2000, berikut ketentuan Luas penampang nominal kabel tanah :



Semoga Bermanfaat ..

0 komentar:

Posting Komentar

 
close