Print Friendly and PDF

Mengenal Kode International Protection atau Ingress Protection

Contoh Nameplate

Pernahkah kita perhatikan kode-kode pada Nameplate motor induksi ..? Apakah maksud dari kode-kode tersebut. Kali ini kita akan membedah secara ringkas maksud dan tujuan dari kode kode tersebut, khususnya berkaitan dengan Kode International Protection atau dikenal juga dengan istilah INGRESS PROTECTION (IP). Sehingga bisa memahami, mana peralatan yang tahan debu, tahan air, dan lain lainnya. Yuk ikuti tulisan ini..


Pengertian International Protection/Ingress Protection

International Protection atau disebut juga Ingress Protection, selanjutnya di singkat menjadi IP, adalah dalam sebuah peralatan listrik menunjukkan tingkat proteksi / level perlindungan yang diberikan oleh selungkup atau casing suatu peralatan listrik terhadap sentuhan langsung ke bagian yang berbahaya,  masuknya benda asing padat dan masuknya air. Dan IP ini di presentasikan dengan sebuah kode yang diikuti dua digit angka dibelakangnya (kadang diikuti satu atau dua huruf tambahan) untuk menggambarkan kemampuan proteksi barang dari gangguan atau pengaruh dari luar. 


Contohnya, seperti gambar nameplate di atas pada nameplate pertama Kode IP54 dan yang kedua dengan kode IPX4. 


Secara ringkas :



Apa saja yang menjadi masuk proteksi, berikut list itemnya :

  1. Benda Padat, bisa juga di artikan jari tangan manusia, atau bagian tubuh yang lain.
  2. Benda Cair
  3. Debu
  4. kontak langsung
Berikut tabel kode dan simbol IP (ingress Protection).

Paling umum, hanya terdapat 2 digit setelah IP, jadi kita ringkas agar lebih mudah mengingat, tabelnya menjadi berikut:


Jadi sudah cukup jelas, apa arti kode di Nameplate, seperti gambar di atas IP 54, dan IPX4, artinya apa:

1. IP54 : Peralatan tersebut debu tidak dapat masuk, namun tidak mutlak karena masih ada celah untuk debu masuk, sementara angka kedua 4, artinya terlindung dari semprotan air yang datang dari berbagai arah (tidak mutlak).

2. IPX4: Angka pertama, tidak ada perlindungan, sementara angka kedua 4, artinya terlindung dari semprotan air yang datang dari berbagai arah (tidak mutlak).


Namun selain kode ini, ada juga kode sebagai simbol pengamanannya. Seperti apa..? Berikut tabel simbol pengaman pada nameplate. 


Setelah memahami dan mengetahui simbol simbol ini, maupun kode IP nya. Maka sudah sewajarnya diperlakukan sesuai pengamannya, sehingga peralatan maupun penggunanya aman.


Semoga Bermanfaat ..



1 komentar:

 
close