Perlindungan Power Line dari Bahaya Petir

LPI Shunt (Source: http://www.lpi.com.au)
 Perlindungan berikutnya dari bahaya sambaran petir yang bisa dilakukan, yaitu :

3. Memberikan perlindungan pada jaringan listrik (power line)

Pada bagian ini, untuk bisa memberikan perlindungan pada jaringan listrik, bisa dilakukan dengan hal-hal sebagai berikut :


a. Shunt Protection (Shunt Surge Protection Device)

Pemasangan Arrester
Petir yang menghantam jaringan listrik dapat menghasilkan lonjakan tegangan ribuan bahkan bisa mencapai 100.000 Volt. Lonjakan tegangan merupakan kejadian sesaat, bisa terjadi 1 hingga 30 mikrodetik, dan tegangan bisa lebih dari 1000 Volt. Ini bisa merusak isolasi kabel, perangkat elektronik seperti TV, modem, dll.

 

Untuk perlindungan pada jaringan listrik akibat petir ini yaitu dengan menggunakan peralatan proteksi terhadap lonjakan menggunakan Arrester protector (Surge Protection) yang disusun secara paralel. Shunt SPD dihubungkan secara paralel, untuk melewatkan lonjakan yang berbahaya melewati lonjakan berbahaya dengan cepat mengalirkannya ke grounding, dan untuk melindungi peralatan yang ada maka level tegangan di batasi atau dijepit oleh surge protection device. Dan Shunt SPD dipasang dari phasa ke Netral dan juga dari Netral ke Ground. Dan ini biasa disebut "perlindungan semua mode" dan ini banyak digunakan khususnya di industri.

Bagaimana Shunt SPD bekerja..?


Seperti yang di uraikan sekilas di atas, berikut shunt SPD bekerja saat terjadi lonjakan akibat petir pada jaringan listrik. 

Cara yang paling umum dan efektif adalah dengan metode shorting (korslet), yaitu jalur listrik di hubung singkat bersama sementara (seperti celah percikan) atau dijepit ke tegangan target (seperti dengan MOV : Metal Oxide Varistor) yang menghasilkan aliran arus besar. Tegangan akan berkurang saat arus hubung singkat melalui resistansi di saluran listrik. Dan lonjakan energi disalurkan melalui jaringan listrk ke grounding dan di bodi MOV sendiri diubah menjadi panas. Karena hanya berlangsung sekitar 10 ms, peningkatan suhu yang terjadi masih minimal. Namun jika berlangsung lama dan lonjakan yang sangat tinggi, maka tidak ada pertanahan/grounding, grounding resistan maupun MOV akan bisa rusak bahkan bisa meleleh (karena panasnya).


b. Series Protection 

Sambaran petir dan lonjakan listrik akibat petir dapat merusak dan menghancurkan peralatan elektronik. Apa yang akan terjadi jika komputer atau server atau PLC Anda rusak? Bisakah Anda kehilangan beberapa atau bahkan semua data? Akankah pabrik Anda berhenti? Berapa biayanya untuk bisnis Anda? 


LPI Series Protection (source :http://www.lpi.co.au)

Series Protection dikenal juga dengan istilah Surge Filter. Bagaimana cara kerjanya? Seperti gambar di atas, LPI Series Protection? Surge Filter ini adalah filter tiga tahap yang akan mengalihkan lonjakan tegangan tinggi ke ground sebagai Perlindungan Surge Primer melalui jalur paralel, Membatasi dan Mengontrol Arus Surge melalui komponen filter yang terhubung seri (choke).

Alat proteksi seperti ini juga bisa kita temui di UPS (Uninterruptable Power Supply) karena secara prinsip UPS Standby maupun Line interactive bekerja normal dengan beban yang ada, dan hanya akan pindah ke Battery jika terjadi failure atau input di luar toleransi.

LPI Surge Filter (Source: http://www.lpi.com.au)


Jadi, sudahkah peralatan Anda cukup terlindungi ?


Bersambung .. 

0 komentar:

Post a Comment