Mengenal Sensor atau Transduser

Perkembangan industri dan dunia elektronika sangat cepat, apalagi dengan sistem otomasi industri atau di istilahkan Revolusi Industri 4.0, mengubah dari pekerjaan menggunakan tangan manusia, kemudian beralih menggunakan mesin.  

Revolusi dari  electro-mechanic (semi otomatis) menjadi sekarang sudah menggunakan robotic (full automatic), contohnya seperti penggunaan Sistem Manufaktur Fleksibel  (FMS) dan Computerized Integrated Manufacture (CIM).


Jenis atau model apapun yang digunakan dalam sistem otomasi di industri sangat tergantung kepada keandalan sistem kendali yang dipakai. Hasil penelitian menunjukan  secanggih apapun sistem kendali yang dipakai akan sangat tergantung kepada sensor maupun transduser yang digunakan.


Jadi apa itu Sensor..?

Secara sederhana sensor adalah elemen yang menghasilkan sinyal yang berhubungan dengan kuantitas yang diamati atau akan diukur, dan elemen ini memberikan tanggapan terhadap besaran fisik yang akan diukur atau diamati dengan menghasilkan output suatu sinyal.

D Sharon, mendefinisikan sensor adalah suatu peralatan yang berfungsi untuk mendeteksi gejala -gejala atau sinyal gejala atau sinyal -sinyal yang berasal dari perubahan suatu energi seperti energi listrik, energi fisika, energi kimia, energi biologi, energi mekanik dan sebagainya.

Sementara William DC pada tahun 1993 mendefinisikan Sensor atau transduser adalah sebuah alat yang bila digerakan oleh suatu energi di dalam sebuah sistem transmisi akan menyalurkan energi tersebut dalam transmisi , akan menyalurkan energi tersebut dalam bentuk yang sama atau dalam bentuk yang berlainan ke sistem transmisi berikutnya berlainan ke sistem transmisi berikutnya . ” Transmisi energi ini bisa berupa listrik, mekanik, kimia, optic (radiasi) atau thermal (panas). 


Demikian pengertian dasar mengenai Sensor atau Transduser.

Ada referensi bacaan bisa di download di Book Download, silahkan klik :

Handbook of Modern Sensors: Physics, Designs, and Applications (Handbook of Modern Sensors)
By Jacob Fraden


https://www.bloganton.web.id/p/blog-page_24.html


Bersambung mengenai sensor ke page berikutnya..

0 comments:

Post a Comment