Penyebab asap knalpot genset berwarna biru

ilustrasi asap knalpot genset berwarna biru

Pernah memperhatikan asap knalpot berwarna biru..? Ya bisa saja ini terjadi. Kenapa ini bisa terjadi? Asap knalpot genset berwarna biru menandakan adanya oli yang terbakar di dalam silinder. Hal ini merupakan tanda kerusakan mesin yang perlu segera diperbaiki.

Apa penyebabnya, berikut beberapa penyebab asap biru pada knalpot genset adalah: 

1. Kebocoran oli di turbocharger


Turbocharger

Ini adalah gejala paling jelas, karena oli yang masuk ke ruang bakar akan terbakar dan menghasilkan asap berwarna khas. 

Kebocoran oli pada turbocharger disebabkan oleh masalah seperti tekanan yang tidak tepat akibat pipa balik oli yang tersumbat atau rusak, penyumbatan sistem ventilasi mesin, atau kerusakan fisik pada turbo itu sendiri. Kebocoran oli dapat menyebabkan kerusakan mesin yang parah jika tidak segera diperbaiki. 

2. Oli terbawa masuk ke ruang bakar melalui intake manifold
intake manifold adalah bagian dari mesin pembakaran internal yang menyuplai campuran bahan bakar/udara ke silinder. Oli terbawa masuk ke ruang bakar melalui intake manifold dapat terjadi akibat beberapa penyebab, yaitu :
  • PCV (Positive Crankcase Ventilation) yang tersumbat atau rusak
  • segell klep yang aus
  • penumpukan karbon pada katup
  • ring piston yang aus
  • atau overfilling oli. 
Kondisi ini berbahaya karena bisa menyebabkan mesin misfire, idle kasar, hingga kerusakan komponen mesin serius.

3. Oli terisi terlampau penuh
Isi oli sesuai dengan kapasitasnya. Saat mengisi, perhatikan stik atau indikator, karena lewat parameter tersebut dapat menunjukkan sudah pas atau belumnya oli. 

4. Ring piston atau silinder liner aus
asap knalpot berwarna kebiruan karena oli masuk ke ruang bakar, konsumsi oli meningkat bisa akibat keausan pada ring piston atau cylinder liner sama-sama menyebabkan masalah performa mesin seperti tenaga berkurang.



Apa yang menyebabkan ring piston aus ..? berikut beberapa sebabnya :
  • Kotoran dari filter udara yang jarang di bersihkan
  • Penggantian Oli mesin yang telat
  • Campuran bahan bakar yang tidak tepat
5. Keausan pada valve guide

Valve guide (source : https://indonesian.alibaba.com/)


Keausan pada valve guide (pemandu katup) terjadi karena gesekan terus-menerus antara batang katup dan guide-nya, yang diperparah oleh pelumasan yang tidak memadai, penumpukan karbon, atau masuknya partikel abrasif. Gejala utamanya adalah suara ketukan atau gesekan dari mesin, konsumsi oli berlebih, penurunan kinerja mesin, dan dapat menyebabkan kerusakan komponen mesin lainnya seperti katup terbakar atau kerusakan pada dudukan katup.

Penyebab keausan valve guide
  • Gesekan berlebih: Batang katup terus bergerak di dalam valve guide, yang menyebabkan keausan seiring waktu, terutama pada mesin berperforma tinggi. 
  • Pelumasan tidak memadai: Jika pelumasan tidak cukup, akan terjadi kontak langsung antara logam-ke-logam yang meningkatkan gesekan dan mempercepat keausan. 
  • Penumpukan karbon: Endapan karbon dapat menumpuk pada batang katup, menyebabkan gesekan yang lebih besar saat katup bergerak. 
  • Partikel abrasif: Partikel kotoran atau sisa karbon yang masuk ke dalam area valve guide dapat bertindak sebagai amplas yang mempercepat keausan. 
  • Pemasangan yang tidak tepat: Valve guide yang terlalu besar atau pemasangan katup yang tidak lurus dapat menyebabkan kemiringan, yang meningkatkan keausan. 

6. Kerusakan pada head gasket

Head Gasket Perkins (source : http://www.tokopedia.com)


Kerusakan pada head gasket dapat menyebabkan mesin panas berlebih, kehilangan tenaga, mesin bekerja kasar (misfire), dan campuran oli dan cairan pendingin yang beracun (oli berwarna susu atau putih)

Demikian uraian singkat mengenai asap knalpot berwarna biru, semoga bermanfaat ..



0 komentar:

Posting Komentar

 
close