Penyebab knalpot Genset berwarna putih

Apakah Anda memperhatikan warna asap knalpot Genset..? Di seri tulisan kali ini, akan menguraikan sedikit warna warna asap knalpot genset, yang bisa menjadi indikator masalah yang ada di Genset.

1. Asap warna putih

ilustrasi asap warna putih

Pernah melihat knalpot Genset Anda mengeluarkan asap warna putih? Ya sebenarnya pada saat start (Hidup), dari kondisi genset masih dingin, biasanya asap knalpot berwarna putih, namun seiring dengan waktu running Genset atau

kemudian genset di beri beban, maka asap warna putih akan menghilang, jika tidak, maka ada indikasi masalah/problem pada genset, perlu di diagnosa lebih mendalam.

Apa saja kemungkinan problem yang menyebabkan ini, berikut uraian singkatnya:


1. Kondisi mesin dingin

ketika Genset  baru di hidupkan, atau genset beroperasi dalam suhu dingin, kondensasi uap air dalam sistem pembuangan akan menghasilkan asap putih. Dan asap putih ini akan hilang pada saat Genset mencapai suhu operasi normal.

Berapa suhu operasi normal Genset? Suhu operasional Genset sekitar 70 C sd 90 C.


2. Masalah Sistem Injeksi:

fuel injection pump (source : http://www.tokopedia.com)

  • Injektor yang rusak atau tidak terkalibrasi dengan baik dapat menyebabkan bahan bakar tidak terbakar secara sempurna, menghasilkan asap putih. 
  • Seal injektor yang bocor juga dapat menyebabkan asap putih karena oli ikut terbakar. 
Untuk mengatasi asap putih pada sistem injeksi genset, beberapa langkah yang bisa dilakukan:
  •  Periksa injektor: Pastikan injektor berfungsi dengan baik dan tidak ada penyumbatan atau kerusakan. 
  • Periksa waktu injeksi: Pastikan waktu injeksi bahan bakar disetel dengan benar. 
  • Gunakan bahan bakar berkualitas: Gunakan bahan bakar yang sesuai dengan spesifikasi mesin dan pastikan kualitasnya baik. 
  • Periksa sistem pendingin: Periksa kebocoran pada sistem pendingin dan perbaiki jika ada kebocoran. 
  • Periksa kondisi komponen ruang pembakaran: Periksa ring piston, seal katup, dan komponen lainnya untuk memastikan tidak ada kerusakan. 
  • Periksa suhu mesin: Pastikan sistem pendinginan berfungsi dengan baik dan suhu mesin tidak terlalu rendah.  


3. Masalah Sistem Pendinginan:

  • Paking kepala silinder yang bocor atau rusak dapat menyebabkan cairan pendingin masuk ke ruang bakar, menghasilkan asap putih. 
  • Kebocoran pada sistem pendinginan dapat menyebabkan mesin menjadi terlalu dingin, sehingga kondensasi uap air menjadi lebih banyak dan menghasilkan asap putih. 

Bagaimana cara mengatasinya:

  • Periksa dan perbaiki sistem pendinginan:

Pastikan sistem pendinginan berfungsi dengan baik, seperti radiator, selang pendingin, dan pompa air.

  • Pastikan suhu mesin sesuai:

Jika suhu mesin terlalu rendah, periksa thermostat dan pastikan berfungsi dengan baik.

  • Periksa kebocoran pada sistem pendingin:

Kebocoran pada sistem pendingin dapat menyebabkan suhu mesin turun dan menghasilkan asap putih. 


4. Kualitas Bahan Bakar:

Jika penempatan bahan bakar tidak baik, atau mendapatkan kualitas bahan bakar yang berkualitas buruk atau bahkan tercampur air, dapat menyebabkan pembakaran yang tidak sempurna dan menghasilkan asap putih.

Langkah apa saja yang dapat dilakukan?
Water filter separator dan filter solar


  • Rutin ganti filter solar:
Ganti filter sesuai jam pemakaian atau waktu ganti standar (6 bulan), atau selalu ada stok penggantinya.
Water filter separator terpisah

  •  Pasang filter pemisah:

Jika Anda menduga solar berkualitas buruk, pasang filter pemisah di genset, tangki pasokan, dan sistem transfer. 

  • Kuras tangki Solar rutin:

Untuk mengurangi kotoran/campuran air dan lain-lain, kurang tangki solar harian minimal 1 tahun sekali. Dan bisa di lakukan drain/mengeluarkan solar sebulan sekali.

 

Bersambung ke asap knalpot Warna Hitam, dan biru.


Moga bermanfaat ..

0 komentar:

Posting Komentar

 
close