Motor Kapasitor

Motor    kapasitor    satu    phasa    banyak digunakan dalam peralatan rumah tangga seperti motor pompa air, motor mesin cuci, motor lemari es, motor     air conditioning gambar 1.  Konstruksinya  sederhana dengan  daya  kecil  dan  bekerja  dengan suplay  PLN  220  V  menjadikan motor kapasitor banyak dipakai pada peralatan rumah tangga.




Belitan stator terdiri atas belitan utama dengan notasi terminal U1-U2, dan belitan bantu

dengan notasi terminal Z1-Z2 gambar-2.   Jala-jala L1 terhubung dengan terminal U1, dan kawat netral N terhubung    dengan    terminal    U2. Kondensator    kerja    berfungsi    agar perbedaan  sudut  phasa  belitan  utama dengan belitan bantu mendekati 90.


Untuk menghasilkan putaran ke kiri (berlawanan jarum  jam)  kondensator kerja CB disambungkan ke terminal U1 dan Z2 dan terminal Z1 dikopel dengan terminal U2 gambar-5.43a). Putaran ke kanan (searah jarum jam) kondensator kerja disambung kan ke terminal Z1 dan U1 dan terminal Z2 dikopel dengan terminal U1. gambar-2).

Motor kapasitor dengan daya diatas 1 KW di lengkapi dengan dua buah kondensator dan satu buah saklar sentrifugal.    Belitan utama U1-U2 dihubungkan dengan jala-jala L1 dan Netral N.    Belitan bantu Z1-Z2 disambungkan seri dengan kondensator kerja CB, dan sebuah kondensator starting CA diseri dengan kontak normally close dari saklar sentrifugal gambar-3.



Awalnya belitan utama dan belitan bantu mendapat suply dari jala-jala L1 dan Netral. Dua buah kondensator CB dan CA kedua membentuk loop tertutup, rotor mulai berputar ketika putaran mendekati 70% putaran nominalnya saklar sentrifugal  akan  membuka  dan  kontak  normally  close  memutuskan kondensator bantu CA.




Fungsi dari dua kondensator disambungkan paralel CA+CB untuk meningkatkan nilai torsi awal untuk mengangkat beban. Setelah putaran motor men- capai
70% putaran, saklar sentrifugal terputus sehingga hanya kondensator kerja CB saja yang tetap bekerja. Jika kedua kondensator rusak maka torsi motor akan menurun drastis gambar-4.

1 komentar:

  1. Nice stuff, it was nice to see this article. It was really appreciable. Thank you so much for sharing such an informative article. air motor for sale

    BalasHapus

 
close