Jenis jenis bahan Pengisi (filling Material) Cooling Tower

Lanjut setelah mengetahui pengertian bahan pengisi (filling material), berikutnya mengenal jenis jenis bahan Pengisi (filling Material) Cooling Tower. Jenis bahan pengisi dapat dibagi menjadi:


1. jenis percikan (Splash fill)

Spash Fill
Dari gambar di samping, proses yang terjadi yaitu, air yang jatuh dari atas secara berurutan dari batang pemercing yg di tempatkan horizontal. Demikian terus menerus memecah air menjadi butiran lebih kecil, sambil membasahi permukaan bahan pengisi (filling material).
 Luas permukaan butiran air adalah luas permukaan perpindahan kalor dengan udara. 

Bahan pengisi percikan dari plastik memberikan perpindahan kalor yang lebih baik daripada bahan pengisi percikan dari kayu.



2. jenis film (Film fill)


Film Fill
Jenis film, bahan jenis ini terdiri dari pemukaan plastik tipis dengan jarak yg saling berdekatan. Yang di atasnya terdapat seprotan air, dan membuat lapisan film yg tipis ini melakukan kontak dengan udara.

Model-model permukaannya ada bermacam-macam, ada berbentuk datar, bergelombang, berlekuk lekuk, ataupun pola lainnya.

Pada jenis ini, air membentuk lapisan tipis pada sisi - sisi lembaran pengisi. Dan Luas permukaan dari lembaran pengisi adalah luas perpindahan kalor dengan udara sekitar. 

Beberapa keuntungan jika di banding jenis splash fill, antara lain :
  • Lebih efisien dan dapat memberi perpindahan kalor yang sama dalam volume yang lebih kecil daripada bahan pengisi jenis splash fill. 
  • Menghasilkan penghematan listrik yang signifikan karena kebutuhan air yang lebih sedikit dan head pompa yang lebih kecil dibandingkan dengan jenis splash fill.

3. Low-clog film fill (jenis pengisi sumbatan rendah)

Low-clog film fill

Bahan jenis Low-clog film fill atau bahan pengisi sumbatan rendah dengan ukuran flute atau gelombang (dalam isian) lebih tinggi lebih rapat.  

Jenis ini dikembangkan untuk menangani air yang keruh. Dan merupakan pilihan terbaik untuk air laut karena adanya penghematan daya dan juga kinerja yang lebih baik di bandingkan dengan jenis percikan konvensional (splash fill). 




Semoga bermanfaat ..

0 komentar:

Posting Komentar

 
close